Sun. May 9th, 2021

Cara membuat abon sapi terbilang cukup mudah. Namun, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal agar hasil abon sapi buatanmu enak dan tahan lama. Meski abon sapi banyak dijual di pasar, tapi tidak ada salahnya untuk membuat abon di rumah yang mana kebersihan dan bahannya terjamin. Sebelum membuat abon sapi untuk stok makanan tahan lama, ketahui beberapa tips membuat abon dikutip dari buku “Aroma Rasa Kuliner Indonesia – Olahan Abon” (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

  1. Pilih bahan yang masih segar

Pastikan untuk memilih dan membeli bahan yang masih segar saat akan membuat abon sapi. Membuat abon sapi original tanpa campuran biasanya membutuhkan satu kilogram daging sapi. Satu kilogram daging sapi hanya menghasilkan sekitar 250 gram abon. Maka dari itu, harga dari abon sapi original sering kali dibanderol dengan harga cukup mahal. Kalau kamu ingin hasil dari abon sapi buatanmu banyak, tambahkan dengan bahan nabati lainnya seperti, bawang merah dan keluih.

  1. Gunakan api sedang

Saat membuat abon sapi, pastikan untuk selalu menggunakan api kompor sedang. Hal itu untuk menghindari tingkat kematangan yang tidak merata pada abon sapi. Selain mengatur api kompor sedang, pastikan juga untuk selalu mengaduk adonan abon sapi agar matang merata.

  1. Gunakan peralatan bersih

Menggunakan peralatan bersih saat membuat abon sapi sangat dianjurkan. Hal itu untuk menghindari adonan abon terkontaminasi bakteri atau kotoran. Selain peralatan yang bersih, pastikan untuk menggunakan panci antilengket saat menumis adonan abon sapi.

  1. Perhatikan proses penyaringan minyak

Ada cara membuat abon sapi kering yaitu pastikan saat menyaring, minyak yang terkandung dalam adonan abon sapi tidak ada lagi yang menentes. Abon sapi dengan tekstur kering dan tidak berminyak bisa tahan hingga berbulan-bulan lamanya.

  1. Tingkat keasinan harus terjaga

Masih dengan tips membuat abon sapi kering yang tahan lama, kamu juga harus memperhatian tingkat keasinan dari adonan abon sapi. Cita rasa asin dan manis bisa menjadi pengawet alami untuk abon sapi rumahan buatanmu.

By admin

Leave a Reply