Sun. May 9th, 2021
Saat bepergian ke suatu tempat yang jaraknya cukup jauh dan memakan waktu biasanya kita harus menaiki kendaraan. Baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Contoh kendaraan roda empat yang biasanya kita naiki kalau yang pribadi itu mobil, sedangkan yang umum adalah bus atau angkutan kota. Kalau di beberapa kota-kota besar seperti Jakarta misalnya ada bus eksekutif dengan nama Trans Jakarta yang siap mengantar Gansis ke rute kota lain yang ingin dituju.

Nah Gansis, ternyata tidak hanya di Jakarta saja, di Papua tepatnya ada sebuah kendaraan atau bus yang sangat keren.

Bus ini adalah alat transportasi perjalanan jauh yang khususnya dipakai untuk mengantarkan para karyawan dari Freeport Indonesia.

Bus ini pun dimiliki oleh Freeport Indonesia dengan rute dari Terminal Gorong Gorong dan Bandara Moses Kilangin Timika menuju Tembagapura. Dengan jarak kurang lebih yaitu 2,5 hingga 3 jam perjalanan.

Yang membuat bus ini istimewa adalah karena dilengkapi dengan menggunakan teknologi anti peluru. Kemudian, bus ini dibuat dari modifikasi jenis truk iveco trakker 380 4×4. Ini maksudnya adalah pada bagian bak belakangnya diganti dengan manhaul bus bodies.

Bus dengan teknologi anti peluru ini merupakan buatan Italia yang sanggup membawa penumpang sejumlah 50-60 orang. Hampir seluruh bagian dari mobil ini memang anti peluru, termasuk bagian jendela bus yang ditutup dengan plat logam anti peluru.

Bahkan sopirnya pun juga harus mendapatkan perlindungan tambahan dengan menggunakan rompi anti peluru, kevlarhingga helm anti peluru.

Pengawasan yang amat sangat ketat ini dilakukan untuk melindungi dan juga mengawal perjalanan mereka agar selamat sampai tujuan. Seperti yang kita ketahui bukan, daerah yang dilewati oleh mereka tersebut terkenal sangat beresiko.

Oh ya bus dengan lapis baja atau armoured bus ini menurut sumber wikipediamemang tidak asing dan digunakan secara khusus dalam peningkatan perlindungan bagi penumpang yang biasanya untuk menghindari dari senjata kecil dan alat peledak improvisasi. Mungkin contohnya kaya sejenis bom gitu ya.

Selain itu, memang bus lapis baja ini dibuat dengan pelindung kendaraan lengkap, mulai dari kaca antipeluru atau kendaraan lapis baja militer yang dibuat secara khusus. Untuk bus lapis baja yang lebih ringan biasanya digunakan sebagai alat transportasi untuk penumpang tahanan.

Di dunia otomatif sendiri Gansis, ada juga beberapa jenis mobil yang memang dibuat secara khusus alias mampu menahan serangan peluru hingga ledakan bom. Mungkin salah satunya yang menggunakan mobil sejenis ini tidak lain adalah Presiden dan Pejabat Pemerintahan.

Contoh mobilnya adalah ini Gansis Dartz Prombron dengan spesifikasinya seperti kutipan berikut ini.

Mobil yang satu ini salah satu yang terkuat. Selain tampang sangar, mobil buatan Rusia ini diklaim pada bagian bodi dilapisi baja anti peluru, dan juga kaca yang sangat kuat.

Salah satu edisi Dartz Prombron yang kini dianggap keren adalah Black Shark. Meski buatan Rusia, namun pada dasarnya jantung pacu mobil tersebut telah dibenamkan mesin buatan General Motors, yaitu V8 twin turbo berkapasitas 5,5 liter dan V12 twin turbo dengan kapasitas 6,0 liter.

By admin

Leave a Reply