Sun. May 9th, 2021

Jakarta – Pihak Hankook menyebutkan tren kendaraan listrik di Indonesia diprediksi meningkat di tahun 2021, jumlahnya diperkirakan mencapai 125 ribu unit. Ia juga mengklaim, sejak awal tahun, pemerintah telah menunjukkan antusiasme dan keseriusan terhadap pembangunan infrastruktur mobil listrik di Indonesia.

Wacana inipun turut diantisipasi produsen ban seperti Hankook Tire yang bersiap menyambut peralihan perilaku masyarakat. President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyatakan, “Ban untuk mobil listrik harus punya hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah sehingga melaju lebih halus, namun di saat yang sama harus tetap punya daya cengkram yang optimal.”

Meski berlawanan, ia bilang perpaduan material dan desain ban yang tepat akan sangat berpengaruh dalam mengakomodir objektif tersebut. Lebih lanjut, Yoonsoo Shin menjelaskan, mobil listrik umumnya lebih berat 10-20% dibandingkan mobil biasa karena menyimpan mesin berbasis baterai.

Hal tersebut membuat mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros. Sehingga, membutuhkan ban berkualitas, serta pegangan tapak (tread grip) yang tinggi agar tahan dari potensi abrasi yang intens. Penting juga memiliki ketahanan panas yang baik agar dapat bertahan dalam berbagai kondisi.

Ban dengan pola alur lateral (lateral groove) dinilai mampu mengurangi kebisingan secara signifikan. Yoonsoo Shin menilai Indonesia masih membutuhkan waktu untuk adaptasi terhadap penerimaan mobil listrik.

By admin

Leave a Reply