Sun. May 9th, 2021
Johnny Allen Hendrix / James Marshall Hendrix

Mungkin untuk sebagian orang bermain gitar dengan tangan kiri atau kidal suatu hal yang tidak mudah dilakukan, namun berbeda halnya pada legenda satu ini yang terkenal di tahun 1960-an yaitu Jimi Hendrix. Di kenal dengan permainan gitar yang begitu apik hingga dirinya pun sempat merasakan manisnya kesuksesan pada masa itu, namun hal itu tidak bertahan lama sampai dirinya ditemukan tewas oleh pihak kepolisian setempat di kediaman kekasihnya.

Terlahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada 27 November 1942 di Seattle, Washington, AS. Namun nama tersebut tidak bertahan lama, orangtuanya pun merubah menjadi James Marshall Hendrix. Semasa kecil kehidupan Jimi tidak lah mudah, berawal dari ibunya yang mengandung dirinya pada usia 17 tahun hingga saat proses persalinan pun ayahnya tidak sempat hadir pada momen tersebut, karena harus mengikuti wajib militer.

Selain itu, Jimi pun memiliki empat adik yang bernama Leon, Joseph, Kathy, dan Pamela. Namun nasib naas terjadi pada adiknya yang bernama Leon, ia pun meninggal pada usia yang terbilang masih sangat muda atau anak-anak. Lalu, ketiga adiknya yang lain pun diadopsi oleh orang tua angkat membuat Jimi tidak tingal satu atap dengan mereka semua. Di sisi lain, saat Jimmi berusia 15 tahun ia pun harus menerima kenyataan bahwa ibunya telah meninggal dunia.

Sementara itu, dalam kehidupannya yang begitu berat ia pun menemukan ukulele usang di kediaman wanita tua yang hanya terdapat satu senar. Hal itu lah titik dimana Jimi menemukan kebahagian dalam kehidupannya yang begitu berat saat memainkan alat musik tersebut dan pada akhirnya pun ia menggemari alunan musik. Lalu, Jimi pun dibelikan gitar akustik oleh ayahnya, ketika melihat dirinya gemar memainkan alat musik petikan tersebut. Tidak berselang lama, Jimi pun kembali dibelikan gitar elektrik oleh sang ayah, hal itu karena musik yang dimainkan anaknya bergenre rock.

Setelah merasa dirinya cukup mahir bermain gitar, Jimi pun mulai mencoba untuk tampil secara professional dalam klub dengan tergabung band pertamanya yang bernama Rocking Kings. Namun, setelah penampilannya tersebut Jimi pun harus rela bahwa gitarnya harus hilang dicuri oleh orang tidak dikenal. Hal itu lah membuat sang ayah membelikan gitar elektrik kembali kepada sang anak. Selain itu, karir Jimi pun harus tertunda karena dirinya harus mengikuti wajib militer dan tergabung dalam pasukan parasut selama delapan pekan di Fort Campbell, Kentucky. Hal itu disebabkan oleh kesalahannya yang mengendarai mobil curian sebanyak dua kali, alhasil pengadilan pun memberikan dua pilihan 5 tahun penjara atau mengikuti wajib militer.

Selama menjalani kehidupannya sebagai seorang militer, dirinya pun tidak tertarik sama sekali menjadi seorang tentara. Bahkan, dirinya pun harus rela diberhentikan secara paksa oleh para petinggi militer, karena sikapnya yang Bengal dan sulit diatur. Sementara itu, Jimi pun tetap bermain gitar saat wajib militer, hal itu lah yang membuat dirinya mengenal Billy Cox yang nantinya menjadi rekannya dalam sebuah Band of Gypsy.

Usai menyelesaikan wajib militer, Jimi pun merintis kariernya kembali dalam bermusik. Jimi pun kerap bergonta-ganti band, guna mendapatkan pengalaman dalam bermusik. Selama berpindah-pindah band, Jimi pun tergabung diberbagai aliran dari rock, R&B, dan blues. Hal itu lah yang membuat Jimi memberanikan diri membuat group bandnya bernama Jimi Hendrix Experience yang lebih menonjolkan sang gitaris. Bersama group band ini lah, Jimi terkenal dengan sebutan dewa gitar baru. Alunan lagu-lagu yang ditampilkannya pun berisikan perpaduan antara kebisingan distorsi dengan keanggungan blues.

Bersama Experience ia pun menciptakan lagu-lagu dalam dua album saat bergabung label Track Records. Namun, pada Juni 1969 merupakan penampilan terakhir dirinya bersama Jimi Experience. Jimi pun memberikan penampilan terbaiknya dalam acara festival musik Woodstock Music and Art Fair, sebelum dirinya digantikan oleh Billy Cox. Selain itu, Jimi pun digadang-gadang sebagai musisi rock paling mahal di tahun 1969. Setelah keluar dari group band yang membesarkan namanya, Jimi pun kembali membentuk band yang dibernama Band of Gypsy, merupakan band terakhirnya dan belum pernah tampil sama sekali.

Hingga akhirnya pada 18 September 1970, Jimi ditemukan meninggal bersama kekasihnya di London, Inggris. Dokter pun menyatakan bahwa kematian Jimi karena tersendak dan sulit bernapas setelah menelan obat tidur dalam dosis tinggi.

By admin

Leave a Reply